Written By Unknown on Kamis, 23 April 2015 | 01.55

Bagi mereka umat hindu yang membeli mobil baru , perlu di upacarai agar memperoleh keselamatan . Dan di buatkan banten kehadapan ida sang hyang widi wasa .

Ada beberapa jenis bantennya yaitu :
2.1 Perascita ;
2.2 Banten pangulapan ;
2.3 Banten sorohan tumpeng 5 ;
2.4Banten di mobil berupa pejati ;

2.1 Banten perascita adalah bertujuan untuk pembersihan yaitu membersihkan pada mobil yang baru di beli .Dibuatkan banten ini karena baru di beli biar mobil ini bersih dan jadi tenang yang membawanya dan diberikan keselamatan .

cara membuat banten perascita sebagai berikut :
A. Alasnya memakai ngiu atau dulang dan diatas dulang tersebut di letakkan teledan peras disusuni 5 buah nasi bundar menghadap kerah mata angin yaitu timur , utara ,barat , selatan dan tengah .dan di sampingnya di letakkan rerasmen serta di belakangnya di isi raka ,jajan ,dan buah buahan.lengkap dengan sampyan nagasari yang sudah metanding .
reruntutannya sebagai berikut ;
*peras ,tulung , sasayut di ikat jadi satu (sorohan alit )
*canang payasan
*penyeneng
*lis buu
*padma
*dan bungkak nyuh gading






2.2Banten pengulapan
Banten ini memakai sidi atau ngiu di atasnya di letakkan taledan besar cara menatanya di hulu di letakkan pejati berupa Daksina,penyeneng ,peras , sodan , ketipat kelanan , segehan putih kuning .Dilengkapi banten pengambeyan , canang payasan , penyeneng , lis buu , sanggah urip .
Dan paling bawah atau teben di isi ceper berisi tumpeng penek 11buah lengkap sudah metanding .Banten sorohan yaitu banten danan , peras ,tulung ,sasayut di ikat jadi satu .








2.3 Banten sorohan tumpeng 5
alasnya memakai ceper dan di isi tumpeng kecil 5 buah di lengkapi dengan rerasmen dan jaje , buah buahan lengkap dengan sampiyan kebah yang sudah metanding .



2.4 Banten pejati
Daksina , penyeneng , peras , sodan , dan ketipat kelanan sampiyan peras sudah metanding lengkap dengan segehan putih kuning .

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Banten untuk punya mobil . Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari kumpulan informasi
feedburner

5 Komentar untuk "Banten untuk punya mobil "

  1. Kenapa pake kata mobil? bukan kendaraan? emang klo untuk motor beda ya...?? klo motor apa aj bantennya...?? makasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk kendaraan yg baru dimiliki baik itu sepeda,motor,mobil,truk,bis dll, terlepas dari kendaraan itu didpt dari beli baru di showroom atau kendaraan bekas. mohon maaf jika ada keterangan yg blom lengkap

      Hapus
  2. Pemuputnya siapa saja yg boleh?

    BalasHapus
  3. Dihaturkan kpd dewa siapa dan dimana mebantennya dan gmn mantranya?

    BalasHapus
  4. sampunapi bentuk jejaitan sanpiyan kebah tlong nunas gambar ipun,suksme.




    sampunapi bentuk sampiyan kebah ttyang nnas gambarnya,suksma

    BalasHapus

kumpulan informasi © 2014. All Rights Reserved.
Template Informasi Laptop Terbaru By INFOLAPTOPBARU.COM , Powered By Blogger